Mengungkap Tantangan Pemahaman Membaca pada Siswa Indonesia yang Mengalami Kesulitan Belajar

Authors

  • Muhammad Faiz Al Majid Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Kemil Wachidah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.62672/telad.v3i1.52

Keywords:

Lamban belajar, Membaca pemahaman, Sekolah dasar

Abstract

Memahami kemampuan pemahaman membaca siswa dengan ketidakmampuan belajar sangat penting untuk strategi pengajaran yang efektif. Penelitian ini menyelidiki tingkat pemahaman membaca siswa kelas tiga dengan ketidakmampuan belajar di SDN Geluran 2, dengan fokus pada pemahaman faktual, mengidentifikasi ide-ide utama, menarik kesimpulan, memahami pesan teks, dan mengekspresikan pendapat. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun siswa dapat memahami informasi faktual dan ide-ide utama, mereka kesulitan dalam menarik kesimpulan, memahami pesan teks, dan mengekspresikan pendapat, terutama karena keterbatasan kosakata dan kesulitan konsentrasi. Pendidik dapat menggunakan temuan ini untuk mengembangkan metode pengajaran yang ditargetkan, seperti memperluas kosakata dan mengatasi masalah konsentrasi, untuk meningkatkan pemahaman membaca di antara siswa dengan ketidakmampuan belajar. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk memperdalam pemahaman tentang pemahaman membaca pada kelompok ini.

References

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581.

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2022). Analisis kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298

Amdany, P., Sularmi, & Sriyanto, M. I. (2018). Learning motivation of slow learner in elementary school. Proceedings of the SNPd, 1, 613–618. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23506

Anggraeni, A. (2022). Rancangan program pengembangan pendidikan individual untuk siswa lambat belajar (slow learner). Jurnal Pendidikan Khusus, 5, 48–55.

Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., & Wijayanti, E. (2021). Need analysis of “Si Eco” ethno-confidence game for slow learner students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 461. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.39534

Arum, D. P., Anggraeni, N. D., Nurhayati, E., & Putri, E. A. (2023). Analisis membaca menggunakan mind mapping pada anak slow learner. Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 4683–4694.

Aviana, R., Anitra, R., & Marhayani, D. A. (2022). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa ditinjau dari minat baca siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 5, 174–183.

Ayu, G., Merata, T., Riastini, P. N., & Rati, N. W. (2021). Reading problems at grade II elementary school students. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1–11.

Cahyaningsih, A., Rukayah, R., & Kamsiyati, S. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman ditinjau dari minat belajar pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(2), 1–6.

Fadilah, I., & Sari, R. (2018). Konsep dasar gerakan literasi sekolah tentang penumbuhan budi pekerti. Jurnal Pendidikan, 10(1).

Firdaus, A. Y. (2021). Penggunaan media MBB AR dalam meningkatkan kemampuan literasi dan karakter siswa slow learner. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 781–800. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.354

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. JDIH Kemendikbud.

Kurnia, C. (2019). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman menggunakan media komik bagi anak slow learner kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tamansari 1 Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(7), 673–683.

Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., Hawanti, S., Purwokerto, U. M., & Indonesia, P. B. (2020). Research problems in learning Indonesian in low grade SD N Kaliurip. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 65–73.

Literasi Nusantara. (2020). 4 keterampilan berbahasa yang penting untuk dikuasai. Literasinusantara.com.

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581.

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2022). Analisis kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298

Amdany, P., Sularmi, & Sriyanto, M. I. (2018). Learning motivation of slow learner in elementary school. Proceedings of the SNPd, 1, 613–618. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23506

Anggraeni, A. (2022). Rancangan program pengembangan pendidikan individual untuk siswa lambat belajar (slow learner). Jurnal Pendidikan Khusus, 5, 48–55.

Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., & Wijayanti, E. (2021). Need analysis of “Si Eco” ethno-confidence game for slow learner students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 461. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.39534

Arum, D. P., Anggraeni, N. D., Nurhayati, E., & Putri, E. A. (2023). Analisis membaca menggunakan mind mapping pada anak slow learner. Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 4683–4694.

Aviana, R., Anitra, R., & Marhayani, D. A. (2022). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa ditinjau dari minat baca siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 5, 174–183.

Ayu, G., Merata, T., Riastini, P. N., & Rati, N. W. (2021). Reading problems at grade II elementary school students. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1–11.

Cahyaningsih, A., Rukayah, R., & Kamsiyati, S. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman ditinjau dari minat belajar pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(2), 1–6.

Fadilah, I., & Sari, R. (2018). Konsep dasar gerakan literasi sekolah tentang penumbuhan budi pekerti. Jurnal Pendidikan, 10(1).

Firdaus, A. Y. (2021). Penggunaan media MBB AR dalam meningkatkan kemampuan literasi dan karakter siswa slow learner. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 781–800. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.354

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. JDIH Kemendikbud.

Kurnia, C. (2019). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman menggunakan media komik bagi anak slow learner kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tamansari 1 Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(7), 673–683.

Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., Hawanti, S., & Purwokerto, U. M. (2020). Research problems in learning Indonesian in low grade SD N Kaliurip. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 65–73.

Literasi Nusantara. (2020). 4 keterampilan berbahasa yang penting untuk dikuasai. Literasinusantara.com.

Marfuah, A. N. (2023). Sistem pembelajaran alamiah otak (SIPAO) bagi siswa slow learner di MI Kanzul Huda Ponorogo.

Meriyani, Rahim, A. R., & Akhir, M. (2022). Pengaruh tugas resensi terhadap peningkatan kemampuan membaca dan menulis siswa sekolah dasar. Aufklärung: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 1(4), 282–295.

Mutmainah. (2017). Motivasi belajar siswa slow learner (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri 4 Buana Sakti Lampung). Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 3(1), 6–11.

Nadhir. (2009). Psikologi belajar (Edisi pertama). Amanah Pustaka.

Nengsi, R., Malik, A., & Natsir, A. F. (2021). Analisis perilaku peserta didik slow learner (studi kasus di MTsN Makassar). Education and Learning Journal, 2(1), 49. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i1.93

Nuraida, N., & Nurteti, L. (2016). Fungsi membaca dalam konsep pendidikan Islam. Tarbiyat Al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2).

Purnomo, F. S. (2022). Teori belajar Bruner dan keterampilan membaca pemahaman. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 46–50.

Ridha, A. A. (2021). Memahami perkembangan siswa slow learner (S. Wulandari, Ed.). Syiah Kuala University Press.

Ru’iya, S., Kistoro, H. C. A., & Sutarman. (2021). Educating with paying attention to individual differences: Case study of slow learner students in inclusion school. Proceedings of the 1st Paris Van Java International Seminar on Health, Economics, Social Science and Humanities (PVJ-ISHESSH 2020), 535, 113–116. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210304.026

Sovia, A., & Herman, T. (2019). Slow learner errors analysis in solving integer problems in elementary school. Journal of Engineering Science and Technology, 14(3), 1281–1288.

Supriadi, N., & Damayanti, R. (2016). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa lamban belajar dalam menyelesaikan soal bangun datar. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.21

Supriyani, W., Karma, I. N., & Khair, B. N. (2022). Analisis strategi pembelajaran bagi siswa lamban belajar (slow learner) di SDN Tojong-Ojong tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dasar, 7, 1444–1452.

Suryana, N. (2018). Problematika slow learner. Jurnal Pendidikan Dasar, 1, 12–25.

Tantowi Afan, I., Wikan, W. B., & Wahyuningsih, E. D. (2021). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada siswa slow learner. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 3(2), 92–105. https://doi.org/10.37729/jipm.v3i2.1362

Wanabuliandari, S. (2021). Study analysis of confidence level on slow learner students. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(4), 584–592.

Widodo, A. P. A., Hufad, A., Sunardi, & Nandiyanto, A. B. D. (2020). Collaborative teaching in heat transfer for slow learner students. Journal of Engineering Science and Technology, 15, 11–21.

Downloads

Published

03-04-2025

How to Cite

Al Majid, M. F., & Wachidah, K. (2025). Mengungkap Tantangan Pemahaman Membaca pada Siswa Indonesia yang Mengalami Kesulitan Belajar. Teaching, Learning, and Development, 3(1), 42–49. https://doi.org/10.62672/telad.v3i1.52

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.