Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II dengan Augmented Reality
DOI:
https://doi.org/10.62672/telad.v2i2.35Keywords:
augmented reality, beginning reading skills, grade II students, educational technology, literacy development, kemampuan membaca permulaan, siswa kelas II, teknologi pendidikan, pengembangan literasiAbstract
Abstract: This study explores the impact of augmented reality (AR) methods on the beginning reading skills of grade II students at SD Negeri Ganting. Using a quantitative pre-experimental one-group pre-test post-test design, 25 students were assessed before and after receiving AR-based instruction. Results from SPSS Version 22 analysis revealed a significant improvement (p = 0.007 < 0.05) in reading skills post-treatment, indicating AR's effectiveness in enhancing early literacy development. These findings underscore the potential of AR technology as a valuable tool in educational settings for improving reading proficiency among young learners.
Abstrak: Penelitian ini mengeksplorasi dampak dari metode augmented reality (AR) terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri Ganting. Dengan menggunakan desain pra-eksperimental kuantitatif satu kelompok pre-test post-test, 25 siswa dinilai sebelum dan sesudah menerima instruksi berbasis AR. Hasil dari analisis SPSS Versi 22 menunjukkan peningkatan yang signifikan (p = 0,007 < 0,05) dalam keterampilan membaca setelah perlakuan, yang menunjukkan efektivitas AR dalam meningkatkan perkembangan literasi awal. Temuan ini menggarisbawahi potensi teknologi AR sebagai alat yang berharga dalam lingkungan pendidikan untuk meningkatkan kemahiran membaca di kalangan pelajar muda.
References
Amini, N. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. 09(02), 119–129.
Azkia, N., & Rohman, N. (2020). Analisis Metode Montessori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah SD/MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v4i1.1411
Dasar, S. (2023). 3 1,2,3. 08.
Didik, P., Konsep, P., Aryani, P. R., Akhlis, I., & Subali, B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbentuk Augmented Reality pada Peserta Didik untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep IPA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 90–101.
Falah, R. N., Kusuma, W. C., & Tamarani, W. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Buku Belajar Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Metode Iqro Modifikasi Peserta Didik Kelas I Sd Negeri 14 Pemulutan Ogan Ilir. 156–164.
Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of Educational Research, 74(1), 59–109. https://doi.org/10.3102/00346543074001059
Friska, A., Gaol, L., Studi, P., Fisika, P., & Riau, U. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Augmented Reality pada Materi Tata Surya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14190–14199.
Ibáñez, M., & Delgado-Kloos, C. (2018). Augmented reality for STEM learning: A systematic review. Computers & Education, 123. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.05.002
Idrus, A., & Yudherta, A. (2016). Pengembangan Augmented Reality Sebagai Media dalam Meningkatkan Pemahaman Teks Bacaan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 144–155. https://doi.org/10.21009/jtp1803.3
Keterampilan Membaca Permulaan.". Retrieved from https://123dok.com/article/keterampilan-membaca-permulaan-a-pengertian-membaca.z1rjr98q
Lalu Muhammad Nurul Wathoni, M. P. (2020). Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Ed. N. Husnaini, M. P. Nani, 1st ed.).
Munawaroh, M., & Ratama, N. (2019). Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi di Universitas Pamulang Berbasis Android. Sains Dan Teknologi Informasi, 5(2), 17–24. https://doi.org/10.33372/stn.v5i2.543
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470.
Perry, J. A., Kiezun, A., Tonzi, P., Van Allen, E. M., Carter, S. L., Baca, S. C., Cowley, G. S., Bhatt, A. S., Rheinbay, E., Pedamallu, C. S., Helman, E., Taylor-Weiner, A., McKenna, A., DeLuca, D. S., Lawrence, M. S., Ambrogio, L., Sougnez, C., Sivachenko, A., Walensky, L. D., … Janeway, K. A. (2014). Complementary genomic approaches highlight the PI3K/mTOR pathway as a common vulnerability in osteosarcoma. Proceedings of the National Academy of Sciences, 111(51), E5564–E5573. https://doi.org/10.1073/pnas.1419260111
Piriyasurawong, P. (2020). Scaffolding Augmented Reality Model to Enhance Deep Reading Skill. TEM Journal, 9(4), 1760–1764. https://doi.org/10.18421/TEM94-58
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
Wen, Y. (2021). Augmented reality enhanced cognitive engagement: designing classroom-based collaborative learning activities for young language learners. Educational Technology Research and Development, 69(2), 843–860. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09893-z
Yani, S. & Irdamurni, I. (2019). Efektivitas Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Anak Berkesulitan Membaca ( Disleksia ). E-JUPEKhu, 7
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Esti Budi Mu’afiqoh, Kemil Wachidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.