Pengembangan Karakter Siswa melalui Model Role-Play dalam Pembelajaran IPS

Authors

  • Rifka Wulandari Universitas Negeri Yogyakarta
  • Defitri Tria Arumi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Tisca Mardiani Universitas Negeri Yogyakarta
  • Rifqy Wijayanto Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nur Halimah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Yeni Yuniarti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rendi Restiana Sukardi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62672/telad.v1i1.9

Keywords:

role-play, character, social studies, karakter, IPS

Abstract

Abstract: Based on the observations made on grade V students of SDN Turi 2, it was found that the teacher used the lecture method, making students less active and interactive with learning. These observations show that the teacher has implemented learning with the role-play method in social studies learning. Applying the role-play method made students more enjoyable in learning and learning to develop character in themselves. This research uses qualitative research with descriptive studies. The results showed that 88.5 percent of students had an attitude of responsibility, 61.6 percent had an attitude of discipline, 42 percent had a character of hard work, and 80.9 percent had an attitude of cooperation.

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas V SDN Turi 2 ditemukan permasalahan pada guru yang menggunakan metode ceramah, hal ini membuat siswa menjadi kurang aktif dan interaktif dengan pembelajaran. Dari hasil observasi tersebut, didapatkan hasil bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran dengan metode role play pada pembelajaran IPS. Penerapan metode role play didapatkan hasil siswa menjadi lebih menyenangkan dalam pembelajaran dan belajar mengembangkan karakter dalam diri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan studi deskriptif. Hasil penelitian didapatkan hasil 88,5 persen siswa memiliki sikap tanggung jawab, 61,6 persen memiliki sikap disiplin, 42 persen memiliki karakter kerja keras dan 80,9 persen memiliki sikap kerja sama.

References

Apsara, A. E. (2021). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Role Playing. utile: Jurnal Kependidikan, 7(2), 61-67.

Barrera, F., Venegas-Muggli, J. I., & Nuñez, O. (2021). The impact of role-playing simulation activities on higher education students’ academic results. Innovations in Education and Teaching International, 58(3), 305–315. https://doi.org/10.1080/14703297.2020.1740101

Church, A., & Bateman, A. (2020). Conversation analytic role-play method (CARM) for early childhood teacher education. Teacher Development, 24(5), 652–668. https://doi.org/10.1080/13664530.2020.1820371

Fahreza, F., & Rahmi, R. (2018). Peningkatan keterampilan sosial melalui metode role playing pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Pasi Pinang Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).

Hasson, R. G., & Sellers, C. M. (2020). Teaching note—Using group role-play exercises to build advocacy skills and achieve equal opportunity and justice for all. Journal of Social Work Education, 56(3), 602-606.

Ilmanuddin, I., & Siregar, R. S. (2019). Implementasi Metode Role Playing Pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(1), 17–30. https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.5

Kristin, F. (2018). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar IPS. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356

Komalasari. (2014). Pembelajaran kontekstual konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama. Jurnal sosial dan pembangunan. Volume 27, No.1, Tahun 2014 (Akreditasi Dikti) https://doi.org/10.29313/mimbar.v27i1.311

Lacanienta, A. (2022). Live Action Role-Play as Pedagogy for Experiential Learning. SCHOLE: A Journal of Leisure Studies and Recreation Education, 37(1–2), 70–76. https://doi.org/10.1080/1937156X.2020.1718035

Löfström, E. (2016). Role-playing institutional academic integrity policy-making: Using researched perspectives to develop pedagogy. International Journal for Educational Integrity, 12(1), 5. https://doi.org/10.1007/s40979-016-0011-0

Munir, M. Fatiqin, A., & Kendi, I. (2017). Pengaruh penggunaan metode role playing terhadap minat belajar siswa kelas X pada materi virus di sma Azharyah Palembang. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 4(1), 36. https://doi.org/10.25273/florea.v4i1.1066

Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan mahluk hidup dengan lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 611-620.

Pradana, Y. (2019). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Untirta Civic Education Journal, 1(1). http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v1i1.1330

Yohana, F. M., Pratiwi, H. A., & Susanti, K. (2019). Penerapan Metode Role Play Storytelling dengan Menggunakan Media Poster pada Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa Desain Komunikasi Visual. Magenta| Official Journal STMK Trisakti, 3(1), 397-408.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83-90.

Downloads

Published

02-04-2023

How to Cite

Wulandari, R., Arumi, D. T., Mardiani, T., Wijayanto, R., Halimah, N., Yuniarti, Y., & Sukardi, R. R. (2023). Pengembangan Karakter Siswa melalui Model Role-Play dalam Pembelajaran IPS. Teaching, Learning and Development, 1(1), 54–60. https://doi.org/10.62672/telad.v1i1.9

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)