Mengungkap Tantangan Membaca Awal pada Siswa Disleksia

Authors

  • Amellya Nur Syahrani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Kemil Wachidah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.62672/telad.v3i1.54

Keywords:

Disleksia, Intervensi dini, Kemampuan membaca, Kesulitan belajar , Studi kualitatif

Abstract

Penelitian kualitatif ini mengeksplorasi kemampuan membaca awal siswa dengan disleksia, yang bertujuan untuk mengatasi kesenjangan dalam memahami tantangan membaca awal mereka. Dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Candi, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun siswa dengan disleksia dapat menyusun kalimat, mereka kesulitan dalam membaca dan membedakan huruf-huruf yang mirip. Penelitian ini menyoroti perlunya intervensi yang disesuaikan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan retensi memori pada siswa-siswa ini, menekankan pentingnya identifikasi dini dan metode pengajaran khusus untuk meningkatkan hasil akademis dan kesejahteraan secara keseluruhan.

References

Adhiyah, M. (2018). Metode pembelajaran membaca dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Ar-Roihan Lawang. Tabiyah dan Keguruan.

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis kemampuan membaca permulaan dan kesulitan yang dihadapi siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307.

Madinatul Munawaroh, & Anggrayni, N. T. (2016). Mengenali tanda-tanda disleksia. Prosiding Seminar Nasional PGSD UPY, 167–171.

Muawwanah, U., & Supena, A. (2021). Penggunaan kartu huruf sebagai media pembelajaran membaca anak disleksia. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 98–104. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.120

Mumpuni, A., & Afifah, N. (2022). Analisis pembelajaran membaca dan menulis permulaan siswa kelas II sekolah dasar. Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(2), 73–80.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis kesulitan membaca permulaan pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470.

Primasari, I. F. N. D., & Supena, A. (2021). Meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia dengan metode multisensori di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1799–1808.

Putri, J. W. L. (2012). Penanganan anak disleksia usia 5–6 tahun dengan metode Fernald di TK Pertiwi 1 Gawan, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen tahun ajaran 2011/2012. Pendidikan Anak Usia Dini, 11.

Rofiah, N. H. (2015). Proses identifikasi: Mengenal anak kesulitan belajar tipe disleksia bagi guru sekolah dasar inklusi. Inklusi, 2(1), 109. https://doi.org/10.14421/ijds.020110

Rumapea, & Zulmiyetri. (2021). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui multimedia interaktif Ruba bagi anak disleksia kelas III di SDN 153068 Pinangsori 1. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 9(2), 77–85.

Saroh, U. (2021). Penerapan metode dikte pada kegiatan menulis anak kelas 2 di Sekolah Dasar Negeri Slawu 2 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun ajaran 2020/2021.

Setiadi, H. W. (2015). Strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan baca tulis siswa disleksia. Seminar Nasional PGSD UPY, 88–96.

Thohiroh, Z. (2021). Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman anak disleksia dengan media digital audiobooks(Skripsi, Universitas Negeri Surabaya). Universitas Negeri Surabaya.

Ulum, M. M. (2015). Peningkatan prestasi membaca permulaan anak berkesulitan belajar membaca menggunakan metode pembelajaran kontekstual melalui inklusi di SDN Pajang 1 Surakarta. Seminar Nasional Pendidikan UNS & ISPI Jawa Tengah, 225–229.

V. A. R. Barao, R. C. Coata, J. A. Shibli, M. Bertolini, & J. G. S. Souza. (2022). Prompting-fading dengan media visual, auditori, kinestetik, taktil (VAKT) untuk kemampuan membaca anak disleksia. Braz Dent J., 33(1).

Widodo, A., Indraswati, D., & Royana, A. (2020). Analisis penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di sekolah dasar. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 11(1), 1. https://doi.org/10.31942/mgs.v11i1.3457

Windasari, I., Apriliana, A. C., & Artikel, I. (2022). Studi kasus terhadap anak berkesulitan membaca (disleksia) pada siswa kelas II SDN Parakanmuncang I. Jurnal Pendidikan, 1(1), 53–63.

Downloads

Published

05-04-2025

How to Cite

Syahrani, A. N., & Wachidah, K. (2025). Mengungkap Tantangan Membaca Awal pada Siswa Disleksia. Teaching, Learning, and Development, 3(1), 95–102. https://doi.org/10.62672/telad.v3i1.54

Issue

Section

Articles