Modul Literasi Berhitung yang Tervalidasi dan Praktis untuk Siswa Kelas Satu

Authors

  • Maulinda Anjarsari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Mahardika Darmawan Kusuma Wardana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.62672/telad.v2i2.33

Keywords:

learning module, numeracy literacy, independent curriculum, research and development, ADDIE model, modul pembelajaran, literasi numerasi, penelitian dan pengembangan, kurikulum mandiri, Model ADDIE

Abstract

Abstract: This study focuses on developing a high-quality learning module for first-grade students based on numeracy literacy under the independent curriculum. Following the Research and Development (R&D) method and utilizing the ADDIE model, the module underwent expert validation and practicality assessment through student responses. Results show the module achieved a highly valid score of 89% and practicality ratings of 93% in limited testing and 89% in extensive testing. The validated and practical module fills a gap in teaching materials, providing valuable resources for teachers to enhance students' numeracy literacy in primary education. Further research is suggested to evaluate its effectiveness in improving students' numeracy skills.

Abstrak: Penelitian ini berfokus pada pengembangan modul pembelajaran yang berkualitas tinggi untuk siswa kelas satu berdasarkan literasi numerasi di bawah kurikulum mandiri. Mengikuti metode Research and Development (R&D) dan menggunakan model ADDIE, modul tersebut menjalani validasi ahli dan penilaian kepraktisan melalui respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul tersebut mencapai nilai sangat valid sebesar 89% dan nilai kepraktisan sebesar 93% pada uji coba terbatas dan 89% pada uji coba luas. Modul yang telah divalidasi dan praktis ini mengisi kekosongan bahan ajar, menyediakan sumber daya yang berharga bagi para guru untuk meningkatkan literasi numerasi siswa di pendidikan dasar. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa.

References

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(0), 2857–2868. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829

Anwar, M. K., Laasiliyah, M. L., Ayun, N., Romdhoni, V. A., & Artikel, I. (2021). Kajian Teoritis Integrasi Literasi Numerasi dalam Modul IPA SMP. Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1, 333–339.

Ashri, D. N., & Pujiastuti, H. (2021). Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas Rendah Sekolah Daar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jkpm.8.2.2021.1-7

Aswita, D. (2022). Pendidikan Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21. K-Media.

Ayuningtyas, Nurina. Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237–247. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2299

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/joel.v1i12

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Encyclopedia of Evolutionary Psychological Science. Spinger Science & Business Media, LLC. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19650-3_2438

Deviana, T., & Aini, D. F. N. (2022). Learning Progression Guru Sekolah Dasar dalam Pengembangan Konten Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 1285–1296. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2095

Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The Development of E-Module for Batik Local Content in Pekalongan Elementary School. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40–47. https://doi.org/https://doi.org/10.15294 /ijcet.v9i1.35592

Hartika, L., Asrin, A., & Hasanah, N. (2022). Pembelajaran Literasi dan Numerasi Dasar Berbasis Pendekatan Semua Anak Cerdas (SAC) di SDN Gunung Borok. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 1001–1010. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.660

Haslia dkk, H. (2022). Kajian Kurikulum Sekolah Dasar dan Pengembanganya. Media Sains Indonesia.

Imran, A., Amini, R., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Model Learning Cycle 5E di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 343–349. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.691 Jurnal

Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, ISBN: 978-602-6779-47-2, 127–134.

Istikomah, E. (2020). The Integral Calculus Module Through Mobile Learning In Mathematics Learning. Mathematics Research and Education Journal, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.25299/mrej.2020.vol4(1).4149

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

Kurniasih, K., Heryanto, D., & Murron, F. S. (2022). The Development of Thematic Praxis Module in Children’s Literature Prose learning Based on Nationalism Character in Elementary School. Proceedings of the Annual Civic Education Conference (ACEC 2021), 636, 196–200. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220108.035

Ladyawati, E., & Rahayu, S. (2022). Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbasis Literasi dan Numeari Sebagai Penguat AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1433–1448. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1312

Larasati, E., Karnati, N., & Muhab, S. (2022). Needs Analysis E-Module Based Hypercontent to Improve Collage Students’ Critical Thinking Skills. Department of Education Management, 5(5), 260–270. https://doi.org/https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i5.255

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88

Putriani, N. K., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Flipbook Maker-Based Teaching Materials of thematic Learning for grade II Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(3), 476–484. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i3.47133

Rahmawati, R., Lestari, F., & Umam, R. (2019). Analysis of the Effectiveness of Learning in the Use of Learning Modules Against Student Learning Outcomes. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 233–240. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4557

Rosanti, A., Tahir, M., Maulyda, M. A., Guru, P., Dasar, S., & Mataram, F. U. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Pengurangan Pada Kelas II di SDN 3 Pringgajurang Penjumlahan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(September), 1490–1495. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.812

Saputra, T. F. N., & Mampouw, H. L. (2022). Pengembangan Pembelajaran Bermedia Powtoon untuk Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 314–328. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1203

Saragih, E. . (2021). Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar. Budi Utama.

Sarkawi, M. R., & Permana, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Modul Matematika Yang Bernuansa Islami untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(2), 164–172. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.12268

Shafira, F., Dyas Fitriani, A., & Darmayanti, M. (2023). Development of a Concrete-Pictorial-Abstract (Cpa) Teaching Module To Improve Numeration Literacy for Elementary School Students. 15(1), 48–54. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/eh.v15i1.49720

Soheb, M., Seftia, I., Widiyanti, R., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Studi, P., & Biologi, P. (2022). Berbasis Literasi Numerasi Pada Materi Pecahan Kelas III Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 7(1), 373–380.

Sukmadinata, N. S. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Tjiptiany, E. N., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Membantu Siswa Sma Kelas X Dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2009), 1938–1942. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.6973

Widiastuti, D., & Ahmad, M. (2022). Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi di Kelas IV. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2, 248–257. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i2.1606

Yuliana, Y., Usodo, B., & Riyadi, R. (2023). The New Way Improve Mathematical Literacy in Elementary School: Ethnomathematics Module with Realistic Mathematics Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 33–44. https://doi.org/10.2591/alishlah.v15i1.2591

Zulvira, R., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1846–1851.

Downloads

Published

18-08-2024

How to Cite

Anjarsari, M., & Wardana, M. D. K. (2024). Modul Literasi Berhitung yang Tervalidasi dan Praktis untuk Siswa Kelas Satu. Teaching, Learning, and Development, 2(2), 83–100. https://doi.org/10.62672/telad.v2i2.33

Issue

Section

Articles