Penerapan Model Picture in Picture Berbasis Media Roda Putar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Ekspositoris Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.62672/telad.v3i1.38Keywords:
Composing skills, Keterampilan mengarang, Model picture and picture, Motivasi , Motivation , Picture and picture modelingAbstract
Abstract: This study investigates the impact of using picture and picture models based on rotary wheel media on expository composing skills among fifth-grade students at SDN Gedangan. Employing a pre-experimental quantitative research design with a one-group pretest-posttest approach, data were collected from 25 students through documentation and tests. Results indicate a significant improvement in students' expository writing skills post-intervention, with 72% of students achieving completeness compared to 48% in pretest. The average posttest score increased from 70.6 to 81.36. The findings suggest that incorporating picture and picture models can effectively enhance expository writing skills, with implications for primary education curriculum development and teaching practices.
Abstrak: Penelitian ini menyelidiki dampak penggunaan model picture and picture berbasis media roda putar terhadap kemampuan menulis ekspositoris siswa kelas V SDN Gedangan. Menggunakan desain penelitian kuantitatif pra-eksperimental dengan pendekatan pretest-posttest satu kelompok, data dikumpulkan dari 25 siswa melalui dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis ekspositoris siswa setelah intervensi, dengan 72% siswa mencapai ketuntasan dibandingkan dengan 48% pada pretest. Nilai rata-rata posttest meningkat dari 70,6 menjadi 81,36. Temuan ini menunjukkan bahwa menggabungkan model picture and picture dapat secara efektif meningkatkan kemampuan menulis ekspositori, dengan implikasi untuk pengembangan kurikulum pendidikan dasar dan praktik pengajaran.
References
Agusti, R., R, S., & Hakim, R. (2021). Peningkatan kemampuan menulis narasi berbasis pendekatan konstruktivisme di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 930–942. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.820
Athaini, F. (2021). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa kelas IV SDN 02 Kalirejo. Action Research Journal, 1(1), 47–52. https://doi.org/10.51651/arj.v1i1.102
Ati, A. P., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2018). Penerapan metode picture and picture untuk peningkatan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas VIII SMP Al Ihsan dan SMP Tashfia Kota Bekasi. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30. https://doi.org/10.24269/adi.v2i1.887
Deli, R. (2023). Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model. Jurnal (7)18, 192–200.
Ekawaty, D. (2017). Pengaruh penerapan model picture and picture terhadap keterampilan menulis karangan narasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(9), 1–9.
Eko, Y., Utomo, P., Nugroho, A. S., & Listyarini, I. (2019). Penerapan model picture and picture terhadap kemampuan menulis karangan. E-Journal PGSD Mimbar PGSD, 7(2), 49–56.
Hasyda, S., & Djenawa, A. (2020). Penerapan pembelajaran kooperatif picture and picture bermedia mind map untuk meningkatkan kemampuan literasi sosial pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 696–706. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.414
Katulung, M., Mendelson Laka, B., & Tahulending, G. (2021). Penerapan model picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SD Katolik Kakaskasen. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 142–151. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.418
Kharis, A. (2019). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui model pembelajaran picture and picture berbasis IT pada tematik. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 173–180.
Musyadad, V. F. (2021). Media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(1), 10–18.
Ofori, D. A., Anjarwalla, P., Mwaura, L., Jamnadass, R., Stevenson, P. C., Smith, P., Koch, W., Kukula-Koch, W., Marzec, Z., Kasperek, E., Wyszogrodzka-Koma, L., Szwerc, W., Asakawa, Y., Moradi, S., Barati, A., Khayyat, S. A., Roselin, L. S., Jaafar, F. M., Osman, C. P., … Slaton, N. (2020). Pengaruh penggunaan media spinning wheel image terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Batu Bessi Kabupaten Barru. Molecules, 2(1), 1–12.
Prasetyo, I. (2021). Meningkatkan kemampuan menulis descriptive text menggunakan metode picture and picture. Journal of Education Action Research, 5(4), 483. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12342
Pratama, S. Y. A., & Tahmid, S. (2021). Pengaruh model picture and picture terhadap karangan deskripsi kelas III SD Kapuas Hulu. Universitas Tanjungpura, Katulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 10(12).
Shofa, S., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2021). Penerapan model picture and picture berbantuan media roda putar untuk peningkatan keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas IV sekolah dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 160. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.28290
Sholeh, A., Veriliana, & Darsimah. (2021). Meningkatkan keterampilan menulis deskripsi dengan model picture and picture. Jurnal Paedagogy, 8(3), 454–459.
Uno, N., & Iskandar, A. K. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 1(2), 174–195. https://doi.org/10.58176/edu.v1i2.83
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mirna Febri Azhari, Kemil Wachidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.