Profil Minat Baca Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Aplikasi TikTok
DOI:
https://doi.org/10.62672/telad.v1i1.10Keywords:
students' reading interest, TikTok apps, elementary school students, Minat Baca Siswa, Aplikasi TikTok, siswa sekolah dasarAbstract
Abstract: Interest in reading can encourage a person to expand their knowledge. Reading is essential and significant in achieving educational success in various career fields. The need to foster interest in reading in elementary school students to become an asset in their lives. The TikTok application is widely used in all walks of life. This application is very influential in everyday people's lives. This study aims to determine the reading interest index of elementary school students with the TikTok application. This research method uses descriptive research. Data were collected using questionnaires, interviews, and observations in several elementary schools. The results of this study, namely, the pleasure of reading, reached 57.69 percent, while the pleasure of reading reached 53.23 percent. On the usefulness indicator of using TikTok, 47.43 percent did not agree that the TikTok application was proper. In contrast, on the motivational indicator of reading with TikTok, 49.57 percent said they disagreed that there was motivation to read on the TikTok application. The study results show that the reading interest index of elementary school students is in the medium category, and the TikTok application does not affect increasing students' reading interest.
Abstrak: Minat baca dapat mendorong seseorang orang untuk memperluas ilmu pengetahuan. Membaca sangat diperlukan dalam kehidupan yang menjadi modal besar dalam mencapai kesuksesan pendidikan dengan karir berbagai bidang. Perlunya pemupukan minat baca pada siswa sekolah dasar untuk menjadi modal dalam kehidupannya. Aplikasi TikTok banyak digunakan di segala kalangan masyarakat. Aplikasi ini sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui indeks minat baca siswa sekolah dasar dengan adanya aplikasi TikTok. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara menggunakan angket, wawancara, serta observasi sekolah pada beberapa sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini, yaitu indikator kesenangan membaca mencapai 57.69 persen, sedangkan kesenangan membaca mencapai 53.23 persen. Pada indikator kebermanfaatan penggunaan TikTok mencapai 47,43 persen tidak setuju aplikasi TikTok bermanfaat, sedangkan pada indikator motivasi membaca dengan TikTok mencapai 49, 57 persen menyatakan tidak setuju adanya motivasi minat membaca pada aplikasi TikTok. Maka dari hasil penelitian menunjukan indek minat baca siswa sekolah dasar pada kategori sedang, serta aplikasi TikTok tidak berpengaruh dalam peningkatan minat baca siswa.
References
Airasian, G. M. (2012). Educational Research, New Jersey: Person Educational.
Akbar, A. A., Syafruddin, S., & Syamsuri, A. S. (2019). Pengaruh Sarana, Iklim Sekolah, dan Motivasi terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas III Sekolah Dasar. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 1–10.
Aprilia, F., Lustyantie, N., & Rafli, Z. (2020). The Effect of Reading Interest and Achievement Motivation on Students' Discourse Analysis Competence. Journal of Education and E-Learning Research, 7(4), 368-372.
Batoebara, M. U. (2020). Aplikasi tik-tok seru-seruan atau kebodohan. Network Media, 3(2), 59-65.Doi: https://doi.org/10.46576/jnm.v3i2.849 Dewanta, A. A. N. B. J. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 79-85.
Buana, T., & Maharani, D. (2020). Penggunaan aplikasi TikTok (versi terbaru) dan kreativitas anak. 14(1).
Devi, A. (2021). Pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 1, 1.
Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 54-60.
Fatimah, S. D., Hasanudin, C., & Amin, A. K. (2021). Pemanfaatan aplikasi tik tok sebagai media pembelajaran mendemonstrasikan teks drama. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(2), 120-128. http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/19
Faturrahman, A., Rafly, F. M. S., Hapipah, M., & Ulfiah, G. (2021). Menumbuhkan Minat Baca Terhadap Anak di Daerah Sindangsari Melalui Taman Baca. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(19).
Handayani, P., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 396-401.
Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan media sosial tik tok sebagai media kampanye gerakan cuci tangan di indonesia untuk mencegah COVID-19. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70–80. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278
Hayati, L. (2018). Konsep Diri Anak-Anak Pengguna Aktif Media Sosial. Society, Volume 6, Nomor 2, 58-64.
Humairah, A. O. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS Di Madrasah Aliyah Buntu Barana Kabupaten Enrekang. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi, 61-64.
Kasiyun, S. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia (JPI), 1-95.
Kusumandaru, A. D., & Rahmawati, F. P. (2022). Implementasi Media Sosial Aplikasi Tik Tok sebagai Media Menguatkan Literasi Sastra dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4876- 4886. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2972
Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48-57. Doi:https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562
Mirnawati, M. (2020). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat baca siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98-112. Doi: https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/14
Nurdjan, S. S., Firman, S. P., & Mirnawati, S. P. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Penerbit Aksara Timur.
Purba, N. S. (2021). A Descriptive Quantitative Study of Students’ Anxiety in Reading and Writing in Learning English at the Eighth Grade of Mts Hadharatul Islamiyah Sipispis. JADEs Journal of Academia in English Education, 2(1), 93-109. https://doi.org/10.32505/jades.v2i1.3262.
Sari, M. Z., Gunawan, A., Fitriyani, Y., & Hilaliyah, N. (2020). Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 197-205.Doi: https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.42137
Sudarsana, U. (2014). Pembinaan minat baca. Universitas Terbuka, 1(028.9), 1-49. DOI: http://repository.ut.ac.id/4222/1/PUST4421-M1.pdf
Suryana, F. I. F., Lahera, T., & Windayana, H. (2022). Pengelolaan Layanan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SD. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1310-1317. Doi:https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.1736
Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 46-61.
Suryana, F. I. F., Lahera, T., & Windayana, H. (2022). Pengelolaan Layanan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SD. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1310-1317. Doi:https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.1736
Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 203–211. Doi : https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8493
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ismi Rismawati, Aisa Fahmi Noviyanti, Anisa Pujiyati, Najwa Mahadini, Rendi Restiana Sukardi, Yeni Yuniarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.