Komunikasi Interpersonal Konselor dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Menurut Perspektif Siswa

Authors

  • Ida Nur Qomariyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Agitha Wigati Yulistyo Maradika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ummahatul Nur Amelia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Faza Salsabila Firdausi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ahmad Faisal Akbar Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Muwakhidah Muwakhidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.62672/telad.v2i2.43

Keywords:

counselor, interpersonal communication, guidance and counseling services, konselor, komunikasi interpersonal, layanan bimbingan dan konseling

Abstract

Abstract: This research is motivated by the importance of interpersonal communication between counselors and students in guidance and counseling services. This research aims to improve counselor interpersonal communication and meet professional standards. This research uses quantitative methods with a survey research design. The research population was 90 students in class The instrument used was a questionnaire. The results of the validity and reliability test of the student interpersonal communication instrument stated that the research instrument was valid and reliable. Research findings show that in general the description of counselor interpersonal communication according to the student's perspective is in the high category. The implications of the results of this research can be used as a needs analysis in creating guidance and counseling service programs relating to interpersonal communication through various types of counseling guidance services.

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya komunikasi interpersonal antara konselor dan peserta didik dalam layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran komunikasi interpersonal konselor menurut perpektif siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian survei. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Yapalis Krian yang berjumlah 90 siswa, sampel berjumlah 64 siswa, yang dipilih dengan Teknik Sampling Kuota. Instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen komunikasi interpersonal siswa, menyatakan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa secara umum gambaran komunikasi interpersonal konselor menurut perspektif siswa berada pada kategori tinggi. Implikasi hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan dalam pembuatan program pelayanan Bimbingan dan Konseling yang berkenaan dengan komunikasi interpersonal melalui berbagai jenis layanan bimbingan konseling.

References

Anwar, K. (2020). Proses Komunikasi Interpersonal Konselor dalam Penanggulangan Korban Narkotika (Studi pada Yayasan Rehabilitasi Permata Hati Kita)” (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Budi, B., Ramadhani, S., Azhari, A., & Fadilla, A. S. (2023). Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1987-1992.

Rubiyanti, Y., & Widyana, R. (2012). Pengaruh pelatihan pengungkapan diri terhadap peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal karyawan. Jurnal Psikologi, 16.

Sari, L. L., & Wati, C. L. S. (2020). Kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas IX SMA katolik RICCI II. Psiko Edukasi, 18(1), 32–43.

Sengga, E. L. P., Ladu, D. B., & Ilmiyah, S. (2022). Profil Identitas Profesi Konselor Berdasarkan Persepsi Peserta Didik. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 3(1), 105–110.

Sumarto, S., & Harahap, E. K. (2020). Komunikasi Bimbingan Dan Konseling.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293

Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168–2175. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1028

Sari, D. P., Ferdiansyah, M., Surtiyoni, E., & Arizona, A. (2022). Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling dalam Menumbuhkan Self-Efficacy Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 533–539. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.277

Wahyuni, Y. S. S. (2022). Komunikasi Antarpribadi Dalam Pembentukan Konsep Diri Pada Kaum Tuli Komunitas Ikatan Kebersamaan Anak Tuli (Ikat) Samarinda. EJournal S1 Ilmu Komunikasi, 10(3), 105–117. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2022/07/ilkom_yunisa_komunikasi_antrapribadi (07-31-22-11-11-38).pdf

Zulyusri, F. (2023). Peranan Guru Bimbingan Konseling ( BK ) dalam Menyelesaikan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. 7, 89–95.

Downloads

Published

07-08-2024

How to Cite

Qomariyah, I. N., Maradika, A. W. Y., Amelia, U. N., Firdausi, F. S., Akbar, A. F., & Muwakhidah, M. (2024). Komunikasi Interpersonal Konselor dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Menurut Perspektif Siswa. Teaching, Learning, and Development, 2(2), 77–82. https://doi.org/10.62672/telad.v2i2.43

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)