Menuju Keberlanjutan Lingkungan: Studi Kasus Program Sekolah Adiwiyata di SMPN 34 Bandung
DOI:
https://doi.org/10.62672/telad.v2i1.18Keywords:
adiwiyata school, environment, sekolah adiwiyata, lingkunganAbstract
Abstract: Adiwiyata schools are schools that carry out environmental programs and provide environmental materials to students while maintaining the cleanliness and comfort of the school environment. a lot nowadays. This program was launched in 2006 by the Ministry of Environment and Forestry and the Ministry of Education and Culture. This program encourages schools to implement environmentally friendly practices and incorporate environmental education into the school curriculum. SMPN 34 Bandung is one of the schools that runs the Adiwiyata school program which supports students to care for the school environment. The purpose of this observation is to find out how SMPN 34 Bandung runs environmental programs and environment-based learning. The research method used is a qualitative method by collecting data by interviewing teachers at SMPN 34 Bandung and observing the condition of the school environment directly.
Abstrak: Sekolah adiwiyata merupakan sekolah yang menjalankan program lingkungan dan memberikan materi lingkungan hidup kepada siswa serta tetap menjaga kebersihan dan kenyaman-an lingkungan sekolah, sekolah adiwiyata diharapkan memberikan pelajaran kepada siswa agar peduli lingkungan dan aktif menjaga kebersihan lingkungan sekolah maupun tempat tinggal, mengingat berbagai permasalahan lingkungan yang semakin banyak di masa sekarang. Program ini diluncurkan pada tahun 2006 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini mendorong sekolah untuk mengimplementasikan praktik ramah lingkungan dan memasukan pendidikan lingkungan ke dalam kurikulum sekolah. SMPN 34 Bandung merupakan salah satu sekolah yang menjalankan program sekolah adiwiyata yang menunjang siswa untuk merawat lingkungan sekolah. Tujuan observasi ini adalah untuk mengetahui bagaimana SMPN 34 Bandung menjalankan program lingkungan dan pembelajaran berbasis lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualititaf dengan pengumpulan data dengan wawancara guru di SMPN 34 Bandung dan pengamatan kondisi lingkungan sekolah secara langsung.
References
Arifin, A. N. (2022). Kerusakan, Lingkungan Kerusakan Lingkungan Laut Pada Ekosistem Terumbu Karang Di Kabupaten Maluku Tenggara Akibat Faktor Alam dan Aktifitas Manusia:(Physico Natural Features Environmental Analysis). Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 56–60.
Dasrita, Y., Saam, Z., Amin, B., & Siregar, Y. I. (2015). Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia, 2(1), 61–64.
Nagel, P. J. F. (2020). Etika Lingkungan Hidup. Prosiding Seminar Teknologi Kebumian Dan Kelautan (SEMITAN), 2(1), 521–525.
Permana, B. I., & Ulfatin, N. (2018). Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan pada Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 11–21. doi: 10.17977/um027v3i12018p011
Siregar, E. S., & Nasution, M. W. (2020). Dampak aktivitas ekonomi terhadap pencemaran lingkungan hidup (Studi kasus di Kota Pejuang, Kotanopan). Jurnal Education and Development, 8(4), 589.
Widodo, A., Solekhan, M., & Siswanto, B. (2022). Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Di Kota Semarang. Justicia Sains: Jurnal Ilmu Hukum, 7(1), 132–146.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Iqbal Subagja Akbar, Muhammad Rendi, Dina Siti Logayah, Jupri Jupri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.