Penelitian Dosen dalam Nilai-nilai Kebangsaan dan Pancasila: Analisis Bibliometrik
DOI:
https://doi.org/10.62672/telad.v2i2.48Keywords:
Pancasila, Analisis bibliometrik, Kurikulum Indonesia, Bibliometric analysis, Indonesian CurriculumAbstract
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat tren penelitian dalam nilai-nilai kebangsaan dan Pancasila. Metode yang digunakan adalah dengan analisis bibliometrik. Data yang digunakan adalah data base scopus selama 10 tahun terakhir, yakni dari 2015-2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian terkait bidang ini sangat meningkat pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini tak lepas dari peran pemerintah Indonesia yang mengintegrasikan kurikulum pendidikannya dengan nilai-nilai kebangsaan dan Pancasila. Meskipun penelitian ini lebih banyak dilakukan dalam konteks PPKn, namun tak menutup peluang untuk diterapkan dalam bidang lain. Sehingga cakupan kajian ini bisa meluas mencakup isu-isu lingkungan, keberlanjutan, dan tanggung jawab sosial yang menjadi semakin penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan saat ini dengan mengaitkan nilai-nilai Pancasila.
Abstrak: The purpose of this study is to see research trends in national values and Pancasila. The method used is bibliometric analysis. The data used is the Scopus database for the last 10 years, namely from 2015-2024. The results of the study show that research related to this field has increased rapidly in Indonesia in recent years. This is inseparable from the role of the Indonesian government in integrating its education curriculum with national values and Pancasila. Although this research is mostly carried out in the context of PPKn, it does not rule out the opportunity to be applied in other fields. So that the scope of this study can expand to include environmental issues, sustainability, and social responsibility which are becoming increasingly important in the development of science today by linking the values of Pancasila.
References
Amelia, N. P., Sabila, I., & Asbari, M. (2022). Pancasila as a Paradigm of Science and Technology. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 01(02), 1–6. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/8
Arruda, H., Silva, E. R., Lessa, M., Proença, D. J., & Bartholo, R. (2022). VOSviewer and Bibliometrix. Journal of the Medical Library Association : JMLA, 110(3), 392–395. https://doi.org/10.5195/jmla.2022.1434
Caturiasari, J., Mulyani, S., & Mahdarani, N. (2021). Penelitian Etnografi dalam Budaya Pesta Serang: Internalisasi Nilai-nilai Pancasila Penguat Jati Diri Bangsa. Sosietas, 11(2), 157–164. https://doi.org/10.17509/sosietas.v11i2.41612
Faslia, F., Aswat, H., & Aminu, N. (2023). Pelibatan Model Projek Based Learning pada Pembelajaran Ilmi Pengetahuan Sosial (IPS) Menuju Pelajar Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3895–3904. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6623
Fitroh, I., & Rosidi, M. I. (2024). Harmoni Nilai-Nilai Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 15(2), 246–254.
Harefa, A., Harefa, J. E., Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2022). Management of Learning Based on Pancasila Values in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3124–3132. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2247
Hudha, M. H., Hamidah, I., Permanasari, A., Abdullah, A. G., Rachman, I., & Matsumoto, T. (2020). Low Carbon Education: A Review and Bibliometric Analysis. European Journal of Educational Research, 9(1), 319–329. https://doi.org/https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.319
Martoredjo, N. T. (2016). Building Character Through Pancasila Values to Sovereign Nation. Humaniora, 7(1), 116. https://doi.org/10.21512/humaniora.v7i1.3494
Murdiono, M., Kuncorowati, P. W., Arpannudin, I., & Suyato, S. (2023). Media based on ROTELA-an innovation for teaching Pancasila and Civic Education. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 20(1), 1–14. https://doi.org/10.21831/jc.v20i1.59491
Natalia, V. E. D., Pratama, A. O., & Astuti, M. D. (2021). Implementation of Pancasila Values in Character Education: A Literature Review. International Journal Pedagogy of Social Studies, 6(1), 35–44. https://doi.org/10.17509/ijposs.v6i1.32569
Pranckutė, R. (2021). Scopus and Web of Science stands out for systematic reviews, offering comprehensive coverage across disciplines, including journals, conferences, and patents. Publications, 9(1), 1–59.
Purwanto, N. A. (2020). Peranan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Di Smk Dalam Mewujudkan Jati Diri Bangsa. ISTORIA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 16(1), 1–21. https://doi.org/10.21831/istoria.v16i1.32451
Sari, R. A., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 119–124.
Tirtoni, F. (2022). Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Generasi Muda. Inventa, 6(2), 210–224. https://doi.org/10.36456/inventa.6.2.a6237
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Nur Hudha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.