Pengaruh Dukungan Sosial dan Religiusitas Terhadap Psychological Well Being Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Shonia Rachma Dewi Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Novi Rahmawati Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Ummiy Fauziah Laili Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.62672/telad.v1i2.2

Keywords:

social support, religiosity, psychological well being, dukungan sosial, religiusitas, kesejahteraan psikologis

Abstract

Abstract: The study aims to examine the influence of social support and religiosity on the psychological well-being of Islamic Religious Education subject teachers at the Hang Tuah Foundation in Surabaya. The research method used was quantitative with ex post facto research, and the data collection method used was a questionnaire. The results show that the social support and religiosity of the subject teachers of Islamic Religious Education at the Hang Tuah Foundation, Surabaya, are high. However, social support did not have an influence on psychological well-being, while religiosity did. The simultaneous influence of social support and religiosity on psychological well-being was 70.5 percent.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial dan religiusitas terhadap kesejahteraan psikologis guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Yayasan Hang Tuah Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan penelitian ex post facto, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial dan religiusitas guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Yayasan Hang Tuah Surabaya tinggi. Namun, dukungan sosial tidak berpengaruh terhadap kesejahteraan psikologis, sedangkan religiusitas berpengaruh. Pengaruh simultan dukungan sosial dan religiusitas terhadap kesejahteraan psikologis sebesar 70,5 persen.

References

Arif, M. (2015). Individualisme Global di Indonesia (Studi Tentang Gaya Hidup Individualis Masyarakat Indonesia di Era Global). Kediri: STAIN Kediri Press.

Eva, N., & Bisri, M. (2018). Dukungan Sosial, Religiusitas, dan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Cerdas Istimewa, Prosiding Seminar Nasional Psikologi Klinis. Malang: Prosiding Seminar Nasional Psikologi Klinis.

iksan, M. (2013). Dukungan Sosial Pada Prestasi dan Faktor Penyebab Kegagalan Siswa SMP dan SMA. Jurnal Psikoislamika, 10(1), 66.

Kaliky, M. (2016). Pendidikan Islam Sebagai Basis Pendidikan Karakter (Studi Terhadap Perilaku Mahasiswa Multi Etnis IAIN Ambon). Jurnal Al-Iltizam, 1(2), 135.

Kumalasari, F., & Ahyani, L. N. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(1), 25.

Lazi dkk, H. (2017). Deteksi Warna Kulit Menggunakan Model Warna Cielab Neural Network Untuk Identifikasi Ras Manusia (Studi Kasus Ras: Kaukasoid, Mongoloid, dan Negroid). Jurnal Rekursif, 5(2), 122.

Narottama, N., & Arianty, A. A. A. A. S. (2017). Proses Pembentukan Identitas Budaya Nasional dan Promosi Pariwisata Indonesia di Eropa (Studi Kasus Diaspora Bali di Perancis). Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 1(2), 181.

Pitoyo, A. J., & Triwahyudi, H. (65). Dinamika Perkembangan Etnis di Indonesia Dalam Konteks Persatuan Negara. Jurnal Populasi, 25(1), 2017.

Poespoprodjo, W. (1986). Filsafat Moral: Kesusilaan Dalam Teori dan Praktek. Bandung: Remadja Karya.

Rahmawati, Y. N., & Rahmawati, E. I. (2015). Pengaruh Tingkat Religiusitas Terhadap Psychological Well Being Pada Mahasiswa Muslim yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Universitas Jember. Jurnal Insight, 11(1), 83.

Reza, I. F. (2013). Hubungan Antara Religiusitas Dengan Moralitas Pada Remaja Di Madrasah Aliyah (MA). Jurnal Humanitas, 10(2), 49.

Ryff, C. D. (1989). Happiness is Everything, or Is It? Explorations on The Meaning of Psychological Well-Being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1070.

Saputri, S. A. (2013). Skripsi: Hubungan Antara Religiusitas dan Dukungan Sosial Dengan Psychological Well Being Pada Santri Kelas VIII Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ibnu ‘Abbas Klaten. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Situmorang, S. Y., & Andriani, E. (n.d.). Pengaruh Religiusitas Terhadap Psychological Well Being (PWB) Pada Pensiunan Suku Batak Toba. Jurnal Pemikiran Dan Penelitain Psikologi, 13(2), 75.

Suyono, A., & Siregar, A. (1985). Kamus Antropologi. Jakarta: Akademik Press.

Yuami, M. (2016). Terminologi Teknologi Pembelajaran: Suatu Tinjauan Historis. Jurnal Terminologi Teknologi Pembelajaran, 5(1), 193.

Downloads

Published

30-12-2023

How to Cite

Dewi, S. R., Rahmawati, N., & Laili, U. F. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial dan Religiusitas Terhadap Psychological Well Being Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teaching, Learning, and Development, 1(2), 77–91. https://doi.org/10.62672/telad.v1i2.2

Issue

Section

Articles