Penggunaan Media GESUKA “Gelas Suku Kata” untuk meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Suku Kata
DOI:
https://doi.org/10.62672/telad.v2i1.27Keywords:
Indonesian, learning media, syllables, bahasa Indonesia, media pembelajaran, suku kataAbstract
Abstract: The poor learning results in syllables as an Indonesian language topic prompted this investigation. The goal of this research was to examine class I learning via the lens of syllable glass analysis. The researchers followed the four steps of the Kemmis and Mc Taggart model of class action research, which included developing an action plan, carrying it out, observing its results, and reflecting on the study's methodology. Two iterations of the implementation were used in this study. Research is carried out in these four phases throughout each cycle. The subjects of this study were 28 pupils of grade I at SDN Bandulan 4 Malang. Research tests and observations rely on data collecting, which is done by researchers. Researchers often use a multiple-choice format for their assessments. The collected data was examined using descriptive statistics. The research found that when Gesuka media was introduced, students' average learning outcomes rose from 60 in the pre-cycle to 74.3 in the first cycle. The second cycle had a similarly impressive improvement, reaching an overall average of 89.3. The improvement may be attributed to both learning outcomes and the conduciveness of the learning environment. This research shows that first-year students of Indonesian at SDN Bandulan 4 Malang may benefit from using syllable glass media in their classrooms.
Abstrak: Buruknya hasil belajar suku kata sebagai topik bahasa Indonesia mendorong penyelidikan ini. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pembelajaran kelas I melalui kacamata analisis suku kata kaca. Para peneliti mengikuti empat langkah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart, yang meliputi mengembangkan rencana tindakan, melaksanakannya, mengamati hasilnya, dan merefleksikan metodologi penelitian. Dua iterasi implementasi digunakan dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan dalam empat fase tersebut sepanjang setiap siklusnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Bandulan 4 Malang yang berjumlah 28 orang. Tes penelitian dan observasi bergantung pada pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti. Peneliti sering menggunakan format pilihan ganda untuk penilaian mereka. Data yang terkumpul diperiksa dengan menggunakan statistik deskriptif. Penelitian menemukan bahwa ketika media Gesuka diperkenalkan, rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 60 pada prasiklus menjadi 74,3 pada siklus I. Siklus kedua mengalami peningkatan yang sama mengesankannya, mencapai rata-rata keseluruhan sebesar 89,3. Peningkatan tersebut mungkin disebabkan oleh hasil pembelajaran dan kondusifnya lingkungan belajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa tahun pertama Bahasa Indonesia di SDN Bandulan 4 Malang dapat memperoleh manfaat dari penggunaan media kaca suku kata di kelas mereka.
References
Andari, D. W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining ( Sfae ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas Viii Smp Nurul Islam. Universitas Negeri Semarang.
Anggraini, N. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora, 7(1), 43–54.
Atmojo, H. B. R., Lian, B., & Mulyadi. (2021). Peran Kepemimpinan , Dan Profesional Guru Terhadap Perbaikan Mutu Pembelajaran. Jurnal Educatio, 7(3), 744–752. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i3.1217
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. Https://Doi.Org/10.36835/Au.V3i1.475
Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward And Punishment Yang Positif Yopi. Jurnal Edunomic, 6(2), 93–102. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/229997374.Pdf
Hijriati, P. R. (2021). Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 152. Https://Doi.Org/10.22373/Bunayya.V7i1.9295
Ig. Dodiet Aditya Setyawan, Devriany, A., & Huda, N. (2021). Buku Ajar Statistika (M. Seto (Ed.); Pertama). Penerbit Adab.
Indriani, D., Muslihin, H. Y., & ... (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Parts Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal …, 4, 1180–1187. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i4.5414
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. Edisi : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. Https://Doi.Org/10.36088/Edisi.V3i2.1373
Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata. 24(3), 270–276. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V24i3.21417
Novelita, N., Neviyarni, & Irdamurni. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Suku Kata Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pgsd Fkip Universitas Mandiri, 09(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V9i2.888
Novitasari, A. (2019). Pemberian Reward And Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Pada Sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 27–33. Https://Doi.Org/10.21070/Halaqa.V3i1.2113
Payadnya, I. P. A. A., Hermawan, I. M. S., Wedasuwari, I. A. M., Rulianto, & Jayantika, I. G. A. N. T. (2022). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) (1 Ed.). Deepublish. Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Panduan_Lengkap_Penelitian_Tindakan_Kela/5rf2eaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=0
Permadi, A.s., & repitae, R. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis dengan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas IV SDN-3 Telangkah Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13 (2), 23-28
Puspitasari, Yesi & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 91–106. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47668/Pkwu.V7i1.20
Saputra, N. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (M. Arif (Ed.); Pertama). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Shofian, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif:Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & Spss (Pertama). Kencana.
Soraya, P., Putri, C. E., Lestari, P. A., & Walid, A. (2020). Profil Penilaian Hasil Belajar Ipa Melalui Media Daring Dan Luring Pada Mid Semester Di Mts Negeri 4 Mukomuko Provinsi Bengkulu Peby. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 107–115. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/Sikola.V2i2.88
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (S. Wahyudi, Y. Setyorini, & I. Basuki (Ed.); Keempat). Bayumedia Publishing.
Tarigan, D. (2005). Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Dikelas Rendah. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aida Isti Umami, Ettik Irawati, I Ketut Swastika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.