Pengaruh Model Pembelajaran Integratif Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Karakter Bernalar Kritis Siswa Kelas IV

Authors

  • Distian Fisti Ramdini STKIP PGRI Trenggalek
  • Wahyu Nugroho STKIP PGRI Trenggalek
  • Yovita Puspasari STKIP PGRI Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.62672/telad.v2i1.24

Keywords:

Karakter Bernalar Kritis, Kearifan Lokal, Model Pembelajaran Integratif, Integrative Learning Model, Lokal Wisdom, Critical Reasoning

Abstract

Abstract: This study aims to determine the extent of the differences between students who are given the application of integrative learning models based on Javanese local wisdom in the learning process and students who still use conventional learning models on students' critical reasoning characters. This research uses quantitative methods. The form of design in this research is quasi-experimental research. This research was conducted by applying certain treatments to one group (experimental group) and not applying them to another group (control group), in which the two groups were pre-tested and post-tested. Furthermore, the data were analyzed using the t-test using the paired sample t-test and the independent sample t-test with the results of the two hypothesis tests being a (2-tailed) value of 0.000 less than 0.05, then Ha was accepted and H0 was rejected. It can be concluded that the research results show differences in students' critical reasoning characters in the experimental class were higher than the control class. So from this study, an integrative learning model based on Javanese local wisdom has an effect on increasing the critical reasoning character of fourth grade elementary school students.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perbedaan antara siswa yang diberikan penerapan model pembelajaran integratif berbasis kearifan lokal jawa pada proses pembelajaran dengan siswa yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap karakter bernalar kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Bentuk desain dalam penelitian ini ialah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini dilakukan dengan cara menerapkan treatment tertentu pada satu kelompok (kelompok eksperimen) dan tidak menerapkannya pada kelompok yang lain (kelompok kontrol), yang mana dua kelompok tersebut dilakukan pre test dan post test. Selanjutnya data dianalisis dengan uji t menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test dengan hasil kedua uji hipotesis tersebut adalah nilai (2-tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak, dapat disimpulkan hasil penelitian menunjukkan perbedaan karakter bernalar kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sehingga dari penelitian ini, model pembelajaran integratif berbasis kearifan lokal jawa berpengaruh terhadap peningkatan karakter bernalar kritis siswa kelas IV Sekolah Dasar.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Herawati, N. I. (2016). Pendidikan Inklusif. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1). https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2755

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. Retrieved from www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan

Nugroho, W. (2022). Peran Orang Tua dalam Penanaman Nilai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pasca Pandemic Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 853–862. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2791

Nugroho, W., Sumarmi, S., & Ramli, M. (2021). Implementasi Suplemen Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal pada Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(6), 932. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i6.14891

Puspita, A. M. I. (2022). Pengembangan model pembelajaran integratif berbasis kearifan lokal jawa untuk meningkatkan literasi emosi dan literasi humanistik siswa sekolah dasar - UPI Repository. Retrieved from UPI website: http://repository.upi.edu/72524/

Sularso. (2016). Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Dasar Revitalization Of Local Wisdom In Education. JPSD : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 73–79.

Sulianto, J., Cintang, N., & Azizah, M. (2018). Higher Order Thinking Skills (Hots) Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Pilot Project Kurikulum 2013 di Kota Semarang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–61. Retrieved from https://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/288

Utami, H. P., Setiawan, A., & Nugroho, W. (2022). Efektivitas parental support pada penguatan pendidikan karakter siswa kelas V sekolah dasar. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 4(2), 147–153. https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.366

Utari, U., Degeng, I. N. S., & Akbar, S. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p039

Wafiqni, N., & Nurani, S. (2019). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 255–270. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.170

Widodo, B. (2009). Keefektivan konseling kelompok realitas untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa di sekolah. Universitas Negeri Malang.

Wijaya, R. R., & Jannah, R. (2019). Makna Ritual methik di Kalangan Petani : Studi Tentang Kearifan Lokal Petani Desa Sumbersewu Kabupaten Banyuwangi ( The Ritual Meaning of methik in Farmer Sphere : A Study on Farmer Local Wisdom in Sumberwaru Village , Banyuwangi Regency ). VI(April), 27–35.

Downloads

Published

24-01-2024

How to Cite

Ramdini, D. F., Nugroho, W., & Puspasari, Y. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Integratif Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Karakter Bernalar Kritis Siswa Kelas IV. Teaching, Learning, and Development, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.62672/telad.v2i1.24

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.