Strategi Guru dalam Mengelola Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Grup Whatsapp

Authors

  • Rizky Amalia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Vanda Rezania

DOI:

https://doi.org/10.62672/telad.v3i1.57

Keywords:

Grup Whatsapp , Pembelajaran daring, Peran guru

Abstract

Penelitian ini mempelajari bagaimana guru sekolah dasar mengelola pembelajaran jarak jauh melalui Grup WhatsApp di tengah pandemi Covid-19, dengan fokus pada keterampilan manajemen kelas mereka. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi kualitatif, data dikumpulkan dari satu guru di SD Larangan Sidoarjo, menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis mengikuti model Miles & Hubberman, yang mengungkapkan bahwa meskipun sebagian besar aspek pengajaran jarak jauh berhasil, melakukan diskusi online menimbulkan tantangan. Rekomendasi yang diberikan meliputi penggunaan metode triangulasi untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam dan melibatkan siswa dan orang tua untuk meningkatkan pemahaman tentang dinamika pembelajaran jarak jauh.

References

Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan guru dan orang tua dalam kegiatan belajar dari rumah anak usia dini pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454–1463.

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to online education in schools during a SARS-CoV-2 coronavirus (COVID-19) pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4).

Cho, M. J., & Hong, J. P. (2021). The emergence of virtual education during the COVID-19 pandemic: The past, present, and future of plastic surgery education. Journal of Plastic, Reconstructive and Aesthetic Surgery, 74(6), 1413–1421.

Daheri, M., Juliana, Deriwanto, & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai media belajar daring. Basicedu, 4(4), 775–783.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2011). The Sage handbook of qualitative research. SAGE Publications.

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika pembelajaran daring dan luring anak usia dini bagi guru dan orang tua di masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836.

Jhon, W., Mustadi, A., & Zubaidah, E. (2020). Online learning during Covid-19 pandemic in developing countries: Does it run well? Jurnal Pendidikan Progresif, 10(3), 440–454.

Khaulani, F., Neviyarni, S., & Irdamurni. (2020). Fase dan tugas perkembangan anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51.

Kristiawan, M., Aminudin, N., & Rizki, F. (2021). Optimalisasi pembelajaran daring berbasis aplikasi online bagi calon guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1905–1914.

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak pembelajaran daring terhadap perilaku sosial emosional anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635–1643.

Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549–558.

Miles, M., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Moloeng, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di perguruan tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8.

Purandina, I. P. Y., & Winaya, I. M. A. (2020). Pendidikan karakter di lingkungan keluarga selama pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290.

Shofiya, S., & Sartika, S. B. (2020). Peran guru IPA SMP sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar dari rumah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(2), 112–117.

Siemens, G. (2008). Learning and knowing in networks: Changing roles for educators and designers. ITFORUM for Discussion, 27, 1–6.

Simamora, R. M. (2020). The challenges of online learning during the COVID-19 pandemic: An essay analysis of performing arts education students. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 86–103.

Soh, K. (2017). Fostering student creativity through teacher behaviors. Thinking Skills and Creativity, 23, 58–66.

Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2020). The effectiveness of chemistry learning strategy in improving students’ learning process and achievement. Journal of Physics: Conference Series, 1567(4).

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Alfabeta.

Sumaryati, E., Pudjiastuti, E., & Hakim, A. (Eds.). (2017). Peningkatan kemampuan berbicara anak usia dini melalui media pembelajaran clemek berkarakter (Penelitian tindakan kelas kelompok A usia 4–5 tahun di TK Taman Gembira Kecamatan Regol Kota Bandung). Prosiding: Pendidikan Guru PAUD.

Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13.

Sutardi, S., & Sugiharsono, S. (2016). Pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188–198.

Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik (1st ed.). Prestasi Pustaka.

Wijayaningtias, M., & Claretta, D. (2020). Student perceptions of online learning during the Covid-19 pandemic. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 16–21.

Xue, Q., et al. (2021). Knowledge, attitudes, and practices towards COVID-19 among primary school students in Hubei Province, China. Children and Youth Services Review, 120.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan orangtua dalam pendampingan belajar anak selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi, 5(2), 1138–1150.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan.

Downloads

Published

04-04-2025

How to Cite

Amalia, R., & Rezania, V. (2025). Strategi Guru dalam Mengelola Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Grup Whatsapp. Teaching, Learning, and Development, 3(1), 86–94. https://doi.org/10.62672/telad.v3i1.57

Issue

Section

Articles