Hubungan Pola Asuh Orang Tua Otoriter Terhadap Penerimaan Diri Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.62672/telad.v3i1.41Keywords:
Penerimaan diri, Pola asuh orang tua otoriter, Siswa SMPAbstract
Pola asuh orang tua otoriter merupakan pola pengasuhan dengan cara mengontrol penuh anak dengan sangat kuat. Anak yang memperoleh pola pengasuhan tersebut kesulitan dalam mengembangkan penerimaan diri yang sehat karena kurangnya dukungan emosional dan kontrol yang kuat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey dan populasinya adalah siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 3 Tempel sebanyak 159 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 127 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Uji validitas instrument menggunakan validitas konstruk dengan uji expert judgement dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach dengan nilai koefisien skala pola asuh otoriter 0,919 dan nilai koefisien skala penerimaan diri sebesar 0,921. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan dari pola asuh orang tua otoriter dan penerimaan diri pada siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 3 Tempel. Hasil tersebut ditunjukkan dengan konstanta yang bernilai negatif dengan tingkat signifikansi 0,000 (Sig. < 0,05), dengan besar pengaruh yang diberikan sebesar 44,6%. Artinya apabila pola asuh orang tua otoriter tinggi maka penerimaan diri akan rendah, begitu juga sebaliknya jika pola asuh orang tua otoriter rendah makan penerimaan diri akan tinggi.
References
Arham, M., Fadhillah, A., & Susanti, D. (2017). Penerimaan diri dan karakteristik pribadi: Pendekatan psikologis. Jurnal Psikologi Humanika, 10(3), 221–234.
Aslan, A. (2019). Pola asuh dalam perspektif perkembangan anak. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Anak, 7(2), 101–115.
Azwar. (2019). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baumrind, D. (1991). The influence of parenting style on adolescent competence and substance use. Journal of Early Adolescence, 11(1), 56–95.
Chaplin, J. P. (2000). Kamus psikologi. Jakarta: Rajawali Press.
Choi, E., & Lee, Y. (2020). The longitudinal relationship between self-acceptance and social isolation: Mediating role of close friendship quality and school belonging in Korean adolescents. Journal of Youth and Adolescence, 49(7), 1414–1425.
Creswell, J. W. (2019). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research(4th ed.). Boston: Pearson Education, Inc.
Djibu, R. (2023). Perkembangan remaja. AHP Remaja.
Fletcher, A. C., Steinberg, L., & Sellers, E. B. (2018). Adolescent development and the regulation of youth crime. Annual Review of Clinical Psychology, 14, 349–372.
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2009). How to design and evaluate research in education. New York: McGraw-Hill.
García, F., & Serra, E. (2019). Raising children with poor school performance: Parenting styles and short- and long-term consequences for adolescent and adult development. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(7), 1089.
Hastuti, P., & Rofika, A. (2019). Hubungan status pekerjaan dan pola asuh terhadap kemandirian anak prasekolah umur 4–6 tahun di TK Islam Miftahul Ulum Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Journal of Midwifery Science and Health, 10(2), 88–148.
Johnson, A., & Thompson, R. (2021). Family interactions and adolescent self-acceptance. Family Studies Journal, 28(3), 245–260.
Jones, R., & Smith, L. (2021). The role of BK teachers in developing social skills to mitigate the negative effects of authoritarian parenting. Journal of Educational Psychology and Counseling, 29(3), 87–102.
Kim, D., Lee, Y., & Choi, S. (2022). Emotion regulation and relationship formation in adolescents. Journal of Child and Adolescent Development, 29(1), 101–115.
Kuppens, J., Ceulemans, E., & Onghena, P. (2020). Parenting and self-concept development in adolescence: A longitudinal study on the role of the parenting styles. Journal of Adolescence, 80, 10–20.
Lee, S., Kim, H., & Park, J. (2023). Social anxiety and self-esteem in adolescents with low self-acceptance. Journal of Social Psychology, 42(2), 180–195.
Martínez, I., & García, J. F. (2007). Impact of parenting styles on adolescents' self-esteem and internalization of values in Spain. Spanish Journal of Psychology, 10(2), 338–348.
Musslifah, A. R. (2020). Implementasi pelayanan bimbingan konseling dalam panduan Kemendikbud 2016. Ahlimediapress.
Neisha, A., & Zikra, S. (2024). Enhancing self-acceptance through individual counseling services: A guide for BK teachers. Journal of Guidance and Counseling, 38(1), 45–59.
Pinquart, M. (2022). Associations of parenting dimensions and styles with externalizing problems of children and adolescents: An updated meta-analysis. Developmental Psychology, 53(5), 873–932.
Pramoko, R. (2019). Pengaruh penerimaan diri remaja terhadap bullying pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Turi. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5(2), 195–203.
Putri, R. K. (2018). Meningkatkan self-acceptance dengan konseling realita berbasis budaya Jawa. Prosiding SNBK, 2(1), 118–128.
Refnadi, R., Marjohan, M., & Yarmis, Y. (2021). Self-acceptance of high school students in Indonesia. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 6(1), 15–23. https://doi.org/10.29210/3003745000
Rodrigues, Y., Saslow, L. R., & Garcia, S. M. (2017). Parenting styles and psychological well-being in a sample of Spanish adolescents. Journal of Child and Family Studies, 26(3), 844–851.
Smith, J., Brown, K., & Taylor, L. (2022). The impact of low self-acceptance on adolescent social interactions. Journal of Adolescent Psychology, 35(4), 567–579.
Smith, J., & Johnson, R. (2023). The role of school counselors in addressing authoritarian parenting and its impact on students. Journal of School Counseling, 21(2), 45–58.
Soedarmadji, B., & Pravesti, C. A. (2016). Self-acceptance: Guidance and counseling concept. ICETA, 7, 1–10.
Sukmawati, A., & Supradewi, R. (2019). Hubungan antara dukungan sosial dengan penerimaan diri pada pasien wanita penderita kanker payudara pasca mastektomi di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Psikologi, 14(1), 32–42.
Yulianti, Numilamsari, & Amanda, R. (2023). Pengaruh pola asuh otoriter terhadap perkembangan emosi anak remaja. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur, 9(3), 490–497.
Zhang, W., Wei, X., Ji, L., & Chen, L. (2020). The influence of authoritarian parenting style on children’s well-being: Evidence from China. Journal of Family Psychology, 34(5), 566–576.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Faidatul Aulia Ratna Furi, Indriyana Rachmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.